Jakarta Bogor Makassar MISP MEIC YPMI HOME
 
   
 
Bahasa
 
 
 
 
GEBYAR ABK 2013
Thursday, February 07, 2013

Gali potensi Kembangkan Kreasi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)

17 dan 19 Januari 2013
Seperti halnya anak-anak normal, anak berkebutuhan khusus juga mempunyai bakat dan potensinya masing-masing. Namun demikian kesempatan mereka untuk menampilkan potensinya tersebut masih sangat terbatas. Menyadari masih terbatasnya kesempatan anak berkebutuhan khusus untuk menampilkan potensi dan kreasinya, maka Sekolah Madania sebagai salah satu
sekolah yang menyelenggarakan pendidikan inklusif di Indonesia mengadakan sebuah kegiatan yang dapat mewadahi hal tersebut. Melalui Departemen Educational Support, khususnya   Special Education Need (SEN-U), Sekolah Madania menyelenggarakan “GEBYAR ABK” (Gebyar Anak Berkebutuhan Khusus), yaitu sebuah kegiatan yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa berkebutuhan khusus untuk menunjukkan bakat dan potensinya serta melatih jiwa berkompetisi. Selain itu, kegiatan ini juga akan mensosialisasikan secara lebih jauh tentang apa dan bagaimana pendidikan inklusif kepada para pendidik khususnya dan kepada masyarakat pada umumnya.

GEBYAR ABK 2013 ini terdiri dari 2 kegiatan yaitu Seminar dan Workshop yang diselanggarkan pada tanggal 17 Januari 2013 dan perlombaan ABK (Anak berkebutuhan Khusus) yang diselenggarkan pada tanggal 19 Januari 2013. Puji syukur kehadirat Allah SWT  kegiatan Seminar dan Workshop yang diselenggarakan pada hari Kamis, 17 Januari 2012 yang diselenggarakan di MPH (Multi Purpose Hall) Sekolah Madania berjalan dengan baik. Dengan harga pendaftaran Rp. 100.000,- peserta Seminar dapat mengikuti Seminar yang diisi oleh dua pembicara yang luar biasa yaitu Drs. Dedy Kustawan, M.Pd. (Pengawas Sekolah Luar Biasa dan Inklusif Provinsi Jawa Barat dan Penulis Buku tentang Pendidikan ABK) yang bertemakan “Pendidikan Inklusif dan Implementasinya dalam mempersiapkan Masa Depan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus)” dan Dra. Dyah Puspita, M.Psi. (Psikolog dan Pendiri Yayasan Autis Indonesia (YAI)) yang bertemakan Model Dunia Kerja Anak Berkebutuhan Khusus dengan durasi masing-masing pembica berkisar 2 jam ditambah dengan adanya lima Workshop yang terdiri dari Workshop: Model Kurikulum Inklusif, Brain Gym, Clay Creation dari Kiddo-Lyra, Sablon dan Desain Grafis serta persentasi program dari Kampus Prasetya Mandiri mampu mengundang minat dan rasa keingintahuan peserta semi- nar hingga mencapai 361 peserta Seminar dari sekolah-sekolah inklusif dan sekolah umum se-Jawa Barat, ditambah dengan 20 tamu undangan dan orang tua dari murid dari siswa SEN-U Sekolah Madania. Selain sebagai wadah untuk memasyarakatkan pendidikan inklusif di Indonesia, khususnya di daerah Bogor dan sekitarnya dan meningkatkan kepedulian para pendidik atau masyarakat pada umumnya terhadap keberadaan anak berkebutuhan khusus, kegiatan ini bertujuan untuk menggali potensi dan bakat anak berkebutuhan khusus. Serta memberikan kesempatan kepada anak berkebutuhan khusus untuk menampilkan potensi dan bakatnya. Dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 30.000,- untuk masing-masing lomba yang diikuti, Anak ABK dapat menuangkan potensi dan bakatnya dengan mengikuti berbagai macam lomba seperti: Mewarnai (Tingkat SD), Menggambar (Tingkat SMP dan SMA), Puzzle (tingkat SD), Olimpiade Matematika dan Sains (Tingkat SD,SMP, dan SMA), Lomba Lari Sprint (Tingkat SD,SMP,SMA), Lomba Lari Estafet (umum), Lomba Renang (Tingkat SD,SMP, dan SMA), Lomba Bulutangkis (Tunggal Putra dan Tunggal Putri) serta Lomba Desain Grafis (Tingkat SMP dan SMA). Alhamdulillah, kegiatan perlombaan ini diikuti oleh 175 peserta dari 20 sekolah dengan beragam kategori lomba yang diikuti dari berbagai asal sekolah se-JABODETABEK. Demi memeriahkan dan wujud dari peghargaan atas kerja keras dan kreatifitas anak ABK, panitia memberikan hadiah berupa piala, sertifikat, dan sejumlah uang tunai untuk juara masing-masing perlombaan.

Untuk Juara 1 Lomba Mewarnai dan Menggambar selain mendapatkan sertifikat, piala juga mendapatkan hadiah uang tunai untuk Juara 1 senilai Rp. 250.000,-; Juara 2 senilai Rp. 200.000,-; dan Juara 3 uang tunai sebesar Rp. 150.000,- berbeda dengan Lomba Mewarnai dan Menggambar, hadiah uang tunai yang diberikan untuk masing-masing Juara Lomba Renang, Lomba Lari Sprint, Desain Grafis, Olimpiade Sains dan Matematika, Lomba Bulutangkis, Juara 1 mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 500.000,-; Juara 2 mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 400.000,-; dan Juara 3 mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 300.000,-. Berbeda dengan lomba lainnya, untuk lomba beregu seperti Lari Estafet dan Lomba Puzzle, Juara 1 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp. 600.000,-; Juara 2 mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 500.000,- ; dan Juara 3 uang tunai sebesai Rp. 400.000,-. Siswa SEN-U Madania pun juga tak tertinggal mendapatkan gelar juara seperti Benny (Juara 1 Lomba Renang), Ilen (Juara 2 Lomba Renang), Adrian (Juara 3 Lomba Renang), Atika (Juara 1 Lomba menggambar), May (Juara 2 lomba Bulutangkis kategori Tunggal Putri), Rifqy (Juara 1 Lomba Desain Grafis Tingkat SMA) serta tak tertinggal Abang Rudy mendapatkan Juara 2 Lomba Desain Grafis Tingkat SMA.

Semoga GEBYAR ABK 2013 ini merupakan kegiatan yang bermanfaat dan wadah bagi ABK dalam mendapatkan pengakuan atas kehadirannya dalam masyarakat serta penyemangat mereka dalam tetap belajar dan menemukan jati diri agar terus berkarya demi masa depan mereka. GEBYAR ABK SEMANGAT..........!!! (Rahma)

 
 
Our Partners :
Global Compact
 
  Copyright © Madania 2010 All Rights Reserved